Jenis-Jenis RAM














RAM ( Random Acces Memory ),  merupakan ingatan utama bagi setiap komputer. RAM  sendiri letaknya di dekat processor, yang mana tujuannnya agar data diantara RAM dan processor dapat dihantarkan dengan pantas. RAM bersifat volatile, yang artinya data yang disimpan oleh RAM  akan hilang ketika komputer dimatikan, atau tidak ada arus listrik. RAM berfungsi memegang arahan dan data yang akan diproses oleh processor. 
contoh kerja RAM, ialah ketika kita membuka sebuah situs atau sebuah aplikasi, maka RAM anda akan diisi oleh data-data yang memaparkan informasi tentang situs atau aplikasi tersebut, namun data tersebut akan hilang ketika komputer dimatikan, karena sifatnya tadi yaitu volatile. makanya kita memerlukan storage untuk tujuan penyimpanan.

JENIS-JENIS RAM
1. EDO RAM ( Enhanced Data Output RAM )

EDO RAM ini merupakan RAM lama. Dimana ia harus dipasang secara berpasang-pasangan, karena salah satu kaki tidak aktif atau berfungsi. Memiliki 1 notch ( alur pada kaki RAM ). EDO RAM  ini juga umumnya digunakan pada komputer lama atau sekitar tahun 90'an. memiliki 30 pin sampai 72 pin. Jika memiliki 30 pin maka diperlukan 4 keping RAM dipasang pada motherboard. dan jika mempunyai 72 pin,memerlukan sekurang-kurangnya 2 keping RAM dipasang pada motherboard.







2. RDRAM RAM ( Rambus Dynamic RAM )

RDRAM ini memiliki 232 pin. selain itu, jenis RAM yang satu ini berbeda dengan RAM yang lainnya, yaitu ia memiliki heat sink yaitu sistem penyejuk khas. Yang pasti tujuannya agar RAM tidak panas secara berlebih. sama dengan EDO RAM, RDRAM ini harus dipasang juga secara berpasang-pasangan karena salah satu kaki tidak aktif atau tidak berfungsi. terdapat satu notch. RAM ini pun sering digunakan di komputer lama, antara tahun 90' sampai akhir tahun 2003 an.



3. SDRAM RAM ( Synchronuous Dynamic RAM )

SDRAM ini memiliki 2 notch, dan 168 pin. untuk kelajuannya ialah 100Mhz dan 133Mhz. kapasitas maksimunya ialah 512 MB.








4. DDR RAM ( Double Data Rate RAM )

terdapat 184 pin, juga terdapat 1 notch.Dengan kelajuan 266Mhz, 333Mhz, 400Mhz. dengan kapasiti maksimum 1 GB. ada chip pada lapisan depan dan belakang RAM. dengan letak notch agak kekiri.










5. DDR II

terdapat 1 notch, dimana notch nya agak kekiri sedikit, berbeda dengan DDR. yang mana kapasitas maksimumnya yaitu 2GB, dengan kelajuan 533MHz, 667MHz, dan 800MHz. terdapat 240 pin.







6. DDR III
sama dengan DDR II, DDR III ini mempunyai 2240 pin.  terdapat 1 notch, yang letaknya lebih kekiri lagi daripada DDR dan DDR II,dengan kapasitas maksimumnya 4GB. kelajuannya pun 1333MHZ,.....






selain yang sudah disebutkan diatas, ada juga istilah-istilah untuk RAM yaitu,
SODIMM ( Small Out-Line Dual In-Line Memory Modul ) adalah RAM untuk notebook / laptop.
SIMM ( Single In-Line Memory Module ) merujuk kepada RAm lama, contohnya EDO RAM.
DIMM ( Dual In-line Memory Module ) Merujuk kepada RAM terkini, contohnya DDR
DDR ( Dual Date Rate  SD RAM ) mempunyai ciri-ciri yang sama dengan  SD RAM, namun memiliki kelajuan yang lebih cepat.
Selamat datang di blog Al Ikhsan | Blog Anak Buton...!!! Anda baru saja membaca artikel yang berkategori INFORMATION / TKJ MATERI dengan judul Jenis-Jenis RAM. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://nahdillah.blogspot.com/2011/08/jenis-jenis-ram.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Al Ikhsan Nahdillah - Jumat, 19 Agustus 2011

Belum ada komentar untuk "Jenis-Jenis RAM"

Poskan Komentar