JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER : LAN, MAN, & WAN

 Jarigan komputer dapat dibagi menjadi tiga yaitu :


1. LAN (Local Area Network)


LAN adalah singkatan dari Lokal Area Network. LAN terdiri dari beberapa komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Pada jaringan ini setiap komputer dapat mengakses data dari komputer lain. Selain itu komputer yang terhubung dalam LAN juga dapat menjalankan hardware seperti printer dari komputer lain , chating dengan pemilik komputer lain, main game bareng. Jumlah komputer yang terhubung pada LAN relatif kecil, misalnya komputer-komputer di rumah, di warnet, di tempat kos, dan di beberapa tempat lain yang mana komputer yang termasuk di dalam LAN berada dalam satu bangunan. Setiap komputer yang terhubung pada LAN mempunyai IP address yang berbeda. Komputer di dalam LAN terhubung melelui ethernet atau dapat juga dengan wireless teknologi yang berkecepatan antara 10-10000 Mbps. LAN yang menggunakan teknologi wireless biasa disebut wireless LAN. Pada umumnya wireless LAN lebih mahal dibanding dengan LAN yang menggunakan kabel, karena harga hardware untuk wireless LAN lebih mahal. Wireless LAN digunakan hanya jika pada tempat tersebut tidak memungkinkan dipasang kabel. Wireless LAN juga mempunyai beberapa keunggulan antara lain lebih fleksibel sehingga komputer yang terhubung wireless LAN dapat dipindahkan ke tempat lain yang masih dalam jangkauan, instalasi serta perlengkapan yang digunakan juga lebih sedikit dan “invisible”. Akan tetapi wireless LAN juga mampunyai kekurangan antara lain keamanan dari jaringan kurang, wilayah yang tercakup dalam jaringan terbatas pada wilayah yang dapat dijangkau oleh gelombang radio dari wireless LAN, kecepatan transfer data pada wireless LAN juga lebih lambat daripada LAN dengan kabel.

Berikut ini dapat dilihat penggunaan jaringan komputer bedasarkan jaraknya

jenis jaringan
jarak antar processor
letak processor di tempat sama
Local Area Network
10 m
ruangan
100 m
gedung
1 km
kampus



2. WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara.

Berikut ini dapat dilihat penggunaan jaringan komputer bedasarkan jaraknya

jenis jaringan
jenis antar processor
letak processor di tempat sama
Wide Area Network
100 km
negara
1.00. km
benua


3. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN atau Metropolitan area network adalah jaringan yang lebih luas daripada LAN. beberapa LAN menjadi satu jaringan dapat juga disebut MAN. MAN terdapat di dalam satu kampus atau dalam satu wilayah yang agak luas(dapat juga satu kota). MAN biasanya tidak dimiliki oleh satu organisasi saja. Sama seperti LAN, MAN juga memiliki wireless MAN dengan kekurangan dan kelebihan yang relatif sama.

Berikut ini dapat dilihat penggunaan jaringan komputer bedasarkan jaraknya

jenis jaringan
jenis antar processor
letak processor di tempat sama
Metropolitan Area Network
10 km
kota/provinsi



Dari ketiga jaringan di atas terdapat beberapa perbedaan antara LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network), yaitu jangkauannya dan kecepatan proses pengalihan data. LAN memiliki jangkauan yang terbatas sekitar 2 km, tetapi memilki kecepatan 100 Mbps. WAN memiliki jangkauan yang lebih jauh hingga beribu-ribu kilometer, tetapi kecepatan transfer data terbatas sampai 64 Kbps. Jaringan LAN dan MAN biasanya di sebut dengan intranet karena sangat pesifik baik hardware dan software yang digunakan, yaitu berdasarkan kesepakatan antar anggota.







Selamat datang di blog Al Ikhsan | Blog Anak Buton...!!! Anda baru saja membaca artikel yang berkategori INFORMATION / TKJ MATERI dengan judul JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER : LAN, MAN, & WAN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://nahdillah.blogspot.com/2011/07/jenis-jenis-jaringan-komputer-lan-man.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Sabtu, 30 Juli 2011

Belum ada komentar untuk "JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER : LAN, MAN, & WAN"

Posting Komentar